Selasa, 15 Maret 2011

Metode Pemasangan Batu Bata


Untuk semua dinding mulai dari permukaan sloof sampai setinggi 20 cm diatas permukaan lantai dalam ruangan digunakan adukan 1 pc : 2 pasir. Demikian juga untuk dinding yang selalu berhubungan dengan air seperti kamar mandi & WC mulai permukaan sloof sampai setinggi 1,5 m diatas permukaan lantai digunakan adukan 1 pc : 2 pasir. Adukan untuk pasangan lain 1 pc : 4 pasir.

Anda akan mengerjakan pengukuran bangunan (uitzet) secara teliti dan sesuai gambar setelah dinding dipasang. Dalam satu hari pemasangan batu bata tidak boleh lebih tinggi dari 1 (satu) meter dan pengakhiran pemasangan pada satu hari harus dibuat bertangga menurun dan tidak tegak bergigi untuk menghindari  retaknya dinding dikemudian hari, semua pemasangan harus rata (horisontal) dan tiap-tiap kali diukur rata lantai dengan menggunakan benang tidak boleh lebih dari 30 cm diatas pasangan dibawahnya.
Pada semua pasangan ½ batu bata, satu sama lain harus dapat mengikat dengan sempurna, tidak dibenarkan menggunakan batu bata pecahan kecuali untuk las-lasan dibawah sudut/tepi. Pada pasangan bata satu batu dan pasangan yang lebih tebal harus disusun sesuai dengan petunjuk atau peraturan yang seharusnya. Pada tiap pertemuan tegak lurus terdapat ikatan pemasangan yang sempurna kecuali ditiap-tiap pertemuan dimana ada tiang-tiang beton merupakan bingkai.

Pemasangan dinding bata dilaksanakan bertahap setiap harinya, diikuti dengan pengecoran kolom praktis. Bidang dinding bata ½ batu yang luasnya lebih dari 10 m harus ditambahkan kolom dan balok penguat (kolom praktis dengan ukuran 11 x 11 cm dengan tulangan 4 Ø10 beugel Ø6-10).

Semua pasangan baru, harus dijaga jangan terkena sinar matahari langsung dan Anda harus menyediakan karung-karung yang digunakan untuk menutup pasangan serta keadaannya harus basah, selain karung goni juga dapat digunakan karung bagir atau lainnya untuk menutup pasangan tersebut.
 
Bagian pasangan bata yang berhubungan  dengan setiap bagian pekerjaan beton (kolom, balok, listplank beton dan lain-lain) harus diberi stek-stek besi beton diameter 8 mm, jarak 50 cm, yang terlebih dahulu ditanam dengan baik/dicor bersamaan pengecoran beton dan bagian yang tertanam dalam pasangan bata sekurang-kurangnya 20 cm kecuali ditentukan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar